Rabu, 21 November 2012

Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown


Masalah komputer yang tidak dapat shutdown tentunya sangat membuat stress bagi anda yang memang masih kurang mengerti tentang dunia komputer. Sebenarnya masalah komputer yang tidak dapat shutdown seperti ini merupakan masalah yang biasa dialami oleh pengguna OS Windows. Ada banyak penyebab hingga akhirnya komputer yang sedang anda pakai namun tidak dapat melakukan proses shutdown seperti biasanya. Jangan panik terlebih dahulu karena kali ini blog ini akan berbagi tips menarik mengenai penyebab dan cara untuk mengatasi komputer yang tidak dapat shutdown tersebut.

Sebelum berbagi tips mengatasi komputer tidak bisa shutdown, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu penyebab dari komputer anda yang tidak dapat shutdown tersebut. 

Beberapa penyebab komputer tidak bisa mati atau shutdown :


  1. Pada umumnya, komputer yang tidak dapat shutdown besar kemungkinan dipengaruhi oleh Registry Fast Shutdown yang masih dalam kondisi aktif.
  2. Settingan BIOS pada komputer anda bukanlah settingan default BIOS tersebut sehingga mengakibatkan komputer anda tidak dapat shutdown.
  3. Masih ada program yang belum sepenuhnya di close. Dalam artian masih ada program yang masih dijalankan.
  4. Terjadi masalah pada adaptor video di IRQ dalam modus real
  5. Menginstall banyak antivirus dalam komputer satu komputer.
  6. Device Driver tidak compatible, rusak atau ada konflik antar device tersebut.
  7. Komputer anda mendukung Advenced Power Management (APM). Bios di dalam komputer anda sudah ada pengaturan APM-nya lalu anda mengupgrade ke windows XP, karena secara default fitur APM ini tidak diaktifkan di dalam windows XP. Efeknya adalah anda akan menerima sebuah pesan ketika anda sedang menshutdown komputer anda, dan tiba-tiba komputer anda berhenti merespon ketika shutdown.
Itulah 7 penyebab komputer anda tidak bisa mati atau shutdown. Bagaimana solusi untuk mengatasi komputer tidak bisa shutdown tersebut ? Silahkan simak solusi untuk mengatasi 7 permasalahan di atas.

Cara mengatasi komputer tidak bisa mati atau shutdown :

  1. Jika registry Fast Shutdown anda masih dalam keadaan aktif yang mengakibatkan komputer tidak bisa shutdown, silahkan buka Registry -> Lalu non-aktifkan Fast Shutdown.
  2. Kembalikan settingan BIOS komputer anda ke settingan defaultnya. Cara ini berhasil mengatasi laptop saya yang tempo hari tidak bisa shutdown.
  3. Tutup / Close program-program yang habis anda buka dengan sempurna. Dalam windows XP, komputer akan shutdown jika program yang telah dijalankan sudah benar-benar dalam keadaan tertutup / close.
  4. Untuk masalah yang nomor 4, solusinya adalah ganti VGA Card yang ada dalam komputer anda.
  5. Janganlah terlalu banyak menginstall antivirus dalam komputer anda, cukup 2-3 antivirus. Jika anda terlalu banyak mengistall antivirus yang dikhawatirkan adalah adanya konflik antar antivirus tersebut. Jadi lebih selektiflah dalam memilih antivirus dan cukup install 2-3 antivirus saja dalam satu komputer.
  6. Periksa kembali device driver yang baru saja anda install, pastikan bahwa device driver yang baru anda install dalam kondisi yang tidak cacat.
  7. Masuk ke Control Panel -> Klik "Performance anda Maintenance" -> Klik "Power Options" -> Klik tab "APM" -> Lalu beri tanda centang pada "Enable Advanced Power Management Support" -> Lalu Klik OK

Itulah beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi komputer tidak bisa shutdown. Apakah komputer anda masih belum bisa shutdown ? Coba cara lain untuk mengatasi komputer yang tidak bisa shutdown di bawah ini :

Cara lain untuk mengatasi komputer tidak bisa shutdown :
  1. Klik Start Menu -> "Run" -> Ketik "Regedit"
  2. Buka HKEY_CURRENT_USER -> "Control Panel" -> "Desktop" 
  3. Klik dua kali pada "Power off Active" lalu ubah nilainya menjadi 1
Masih belum bisa shutdown ? Mungkin komputer anda termasuk komputer yang nakal. Hahahaha
Jika memang kedua cara di atas gagal mengatasi masalah shutdown pada komputer anda, coba cara di bawah ini :

(Not Recomended)
Pencet tombol power pada PC atau Laptop anda selama 15 detik kalo perlu lebih. Tunggu komputer sampai benar-benar mati baru lepas tangan anda dari tombol power. Cara ini tergolong aman, karena anda memencet tombol power hingga 15 detik / hingga komputer benar-benar mati sehingga tidak membuat kejutan pada hardisk yang sedang bekerja. Namun jangan terlalu sering karena hardisk akan cepat rusak jika menggunakan cara ini.

Itulah beberapa tips dan cara untuk mencari penyebab dan mengatasi komputer tidak bisa shutdown. Bagaimana ? Apakah masalah shutdown pada komputer anda dapat teratasi ? Semoga artikel ini dapat membantu anda :)
Reaksi:

0 komentar: