Rabu, 21 November 2012

Windows could not start the Windows Audio Service on Local Computer

Sudah 2 hari ini laptop teman saya membisu, alias nggak mau keluar suaranya. Padahal driver sound sudah diinstall ulang, tapi suaranya tak kunjung terdengar. Solusi yang diberikan Microsoft di situsnya juga tidak membuahkan hasil. Akhirnya dia meminta pertolongan saya untuk menelusuri kasus membisunya laptop tersebut.. (wuih, jadi kayak cerita detektif, yah )Pertama-tama saya mengarahkan pointer ke icon volume pada systray.

Muncul keterangan bahwa service Audio tidak berjalan. Wah, gampang banget yach sebenarnya, berarti tinggal jalanin ajah melalui services.msc (Start → Run → services.msc). Tapi ternyata tidak selancar yang diinginkan.. T_T Ketika saya klik kanan pada Windows Audio lalu saya klik [Start]..

Malah muncul pesan Error sebagai berikut:


Untungnya pesan Error yang muncul memberi petunjuk berharga.. “..The dependency service or group failed to start..”, dari sini langsung ajah saya lihat service mana saja sich yang harus berjalan untuk bisa menjalankan Windows Audio Service. Klik kanan pada Windows Audio ServiceProperties → lalu pilih tab Dependencies.


Nah, keliatan tuch siapa ajah yang perlu diinvestigasi:
  1. Multimedia Class Scheduler
  2. Remote Procedure Call (RPC)
  3. Windows Audio Endpoint Builder
Kembali ke jendela utama Services.msc, saya mendatangi satu-per satu ketiga service diatas. Saya mendapati Multimedia Class Scheduler tidak dapat di Start dalam kondisi disabled. Klik kanan pada Multimedia Class Scheduler → Properties → Pada Startup type pilih Automatic. Klik [OK] sesudahnya.


Sekarang, klik kanan pada Multimedia Class Scheduler. Service tersebut kini sudah bisa di [Start].

 

Lakukan hal yang sama pada kedua service lain sehingga ketiga-tiganya dalam kondisi Automatic dan Started. Jika ketiga service tersebut sudah dalam kondisi Automatic dan Started, kini klik kanan pada Windows Audio lalu klik [Start].


Karena semua service pendukung yang dibutuhkan sudah berjalan, maka service Windows Audio kini mau untuk dipanggil.

 

Icon Audio pada systray kini bersinar cerah, laptop teman saya kini sudah bisa bersuara lagi 

 

Sekian,
mudah-mudahan bisa membantu teman-teman lain yang sedang mengalami kesulitan seperti ini 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Maaannntttaappppp

Unknown mengatakan...

berhasil gan thx